CARA MEMBUAT SELAI PEPAYA

Resep Selai Pepaya Sederhana Spesial Asli Enak. Selai buatan sendiri memang lebih baik dan lebih segar (fresh) ketimbang beli di pasaran, selain itu kita lebih tau kandungan bahan-bahan alami yang kita gunakan untuk membuat selai sehingga lebih sehat untuk di konsumsi oleh keluarga Kita. Tidak hanya itu kelebihan dan keuntungannya, misalnya kebersihan selai juga tetap terjaga. Buah pepaya di Indonesia itu sangat berlimpah. Saya jadi ingat teman di facebook dengan panggilan Ratu Pepaya Jogja dari Yogyakarta. Saya tahu pasti artikel ini akan dicopas oleh blogger resep masakan resepadinda.info.

Foto Resep Selai Pepaya Sederhana Buatan Sendiri Homemade Spesial Asli Enak
Gambar Selai Pepaya Homemade

Sebaiknya pilih buah pepaya jangan yang terlalu lembek atau terlalu matang, agak mengkal setengah matang lebih baik atau bisa juga gunakan buah pepaya muda, karena pepaya yang sudah lembek lebih banyak kandungan air di dalamnya, jadi membuat proses memasak selai (papaya jam) jadi agak lama. Soal rasa Anda bisa kombinasikan dengan buah nanas, soalnya ada resep selai pepaya rasa nanas terbuat dari ada campuran buah pepaya dan buah nanas, malah ada selai dari daun pepaya dan selai strawberry dari pepaya, dsb. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai pepaya manis segar dan sedap lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka selai dari buah-buahan segar alami tanpa pengawet.


RESEP SELAI PEPAYA


BAHAN :
  • 1000 gram daging pepaya, blender halus
  • 200 gram gula pasir
  • 5 biji cengkeh
  • 2 batang (5cm) kayumanis
BAHAN OPTIONAL :
  • 2 sdm air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SELAI PEPAYA :
  1. Masak pepaya dengan api sedang selama kurleb 5 menit, aduk-aduk terus.
  2. Tambahkan gula pasir, aduk rata.
  3. Masukkan cengkeh dan kayumanis batangan, aduk rata.
  4. Kalau adonan selai sudah agak menyusut tambahkan air jeruk nipis
  5. Masak hingga adonan mengental dan menyusut menjadi nyaris 1/2 bagian selama kurang lebih 40 menit, Angkat, lalu dinginkan.
  6. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Jeruk nipis dipakai kalau suka selai rasa asam.
  • Selama proses pemasakkan upayakan selalu mengaduk-aduk selai agar tidak gosong.

CARA MEMBUAT SELAI PEPAYA