2 RESEP CARA MEMBUAT TEMPE BACEM

Resep Tempe Bacem Manis Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Bosen dengan variasi masakan olahan tempe yang itu-itu saja setiap hari makan tempe goreng dengan goreng tempe biasa dengan bumbu tempe goreng biasa, mungkin Anda sesekali cobain masakan tempe bacem dengan bumbu bacem tempe yang juga dipakai di bumbu bacem tahu tempe. Rata-rata tempe bacem rasanya manis namun Anda bisa juga membuat tempe bacem pedas manis yang cocok untuk vegetarian.

Foto Resep Tempe Bacem Manis Sambal Pedas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tempe Bacem Goreng Sambal Pedas

Menurut situs Wikipedia. Bacem atau baceman adalah sajian panganan dari daerah Semarang, Jawa Tengah dengan resep tempe bacem Jawa, juga khas Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Orang Yogyakarta menyukai bacem yang bercitarasa manis pada resep tempe bacem Jogja, yaitu dengan bumbu khas gula merah. Sebetulnya bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk yang sering juga disebut baceman, biasanya adalah tempe dan tahu dan istilah ini juga dipake di bumbu seperti bacem bawang putih, bacem bawang merah, dan bacem cabe atau cabai, kemudian berkembang juga ke bahan-bahan lain, seperti pada bacem telur puyuh dan bacem telur ayam, bacem ceker, dll. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi awet. Selain kota tadi di Sunda Jawa Barat juga terdapat resep tempe bacem Sunda khas Sunda, Bandung.

Oh ya, tahukah Anda sejarah atau Asal Usul mula Tempe Bacem? seperti dikutip dari Metrotvnews mengenai tentang sejarah dibalik hidangan bacem. Tempe bacem, sajian tradisional khas nusantara ini memadukan rasa manis dan gurih yang dihasilkan dari tempe yang direbus ke dalam air biasa atau air kelapa yang sudah dicampur kecap dan bumbu. Merebusnya pun tak sembarangan, tempe direbus hingga benar-benar kering sehingga meresap secara sempurna. Gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam dan lengkuas merupakan rahasia di balik bumbu bacem. Odilia Wineke, seorang pengamat kuliner yang ditemui di Kawasan Karet, Kamis (11/12/2014) mengatakan bahwa gula merah digunakan karena rasa manisnya, dimana masakan Jawa identik dengan rasa tersebut. Adapun secara historis Odelia menjelaskan pada abad 19 terjadi tanam paksa tebu di Indonesia. Masyarakat Jawa pun mencari bumbu yang murah dan mudah didapat. Maka dipilihlah gula tebu karena saat itu harganya yang sangat terjangkau akibat tanam paksa.

Bacem tempe dan tahu bacem biasa dimakan hangat-hangat dengan nasi putih yang dilengkapi dengan ayam goreng/bakar, bebek goreng/bakar atau ikan goreng/bakar komplit sambal terasi atau sambal pedas dan lalapan mentah segar atau lalapan rebus dan bisa juga dipadu dengan serundeng kelapa renyah crispy sehingga masakan bertambah lezat dan makan bertambah lahap dan perut kenyang banget. Di daerah Kaliurang, Yogyakarta dikenal jadah bacem, yaitu jadah/uli yang disajikan bersama-sama dengan tempe dan tahu bacem. Namanya Jadah Tempe atau Jadah Bacem. Tempe bacem juga bisa dinikmati tanpa digoreng pada resep tempe bacem tanpa digoreng, bisa dikukus, bisa dimasak dengan kuah seperti pada resep tempe bacem kuah.

Cara membuat tempe bacem atau baceman ini mudah dan praktis. Sebagai langkah awal bahan dasar bacem adalah tempe atau tahu untuk tahu bacem, yang telah dipotong-potong sesuai keinginan. Sebagai bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam dapur, yang diulek atau dihaluskan bersama. Bumbu halus ini dicampurkan ke potongan-potongan tempe atau tahu, untuk kemudian direbus dengan air secukupnya. Di samping itu dimasukkan pula beberapa helai daun salam, kepingan lengkuas yang telah dimemarkan, dan irisan gula merah.

Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak hingga air rebusannya susut atau hampir habis. Setelah itu, tempe atau tahu yang telah dibacem tadi dapat digoreng sebelum dihidangkan. Setelah digoreng namanya berubah menjadi tahu tempe goreng bumbu bacem yang lezat.

Sebagai variasi dalam pembuatan bacem, dapat ditambahkan sedikit asam jawa ketika perebusan; atau mengganti air biasa dengan air kelapa untuk merebusnya. Ya itu tipsnya untuk resep tempe bacem tanpa air kelapa.

Tempe mungkin bukan makanan mewah tapi mengandung banyak protein, zat besi dan banyak lagi nutrisi penting bagi tubuh. Selain digoreng, tempe juga nikmat dibacem atau tanpa digoreng. Tempe Bacem ini adalah salah satu menu kesukaan keluarga Indonesia. Pada resep ini, menggunakan air kelapa dan Kecap Manis Bango dari resep bacem ala bango sebagai andalan orang Indonesia, sehingga rasa tempe bacem kecap Bango lebih gurih bisa meresap sampai ke dalam tempe. Penasaran? Silahkan coba. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tempe bacem sajian sedap ncc dan istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis tanpa ribet dan tanpa gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan atau warteg dan warnas.





RESEP TEMPE BACEM BANGO


BAHAN :
  • 2 potong tempe
  • 3 gelas air kelapa
BAHAN BUMBU :
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Serai, daun salam dan garam
  • 5 sdm Kecap Manis Bango
  • 2 cm lengkuas
CARA MEMASAK TEMPE BACEM :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar.
  2. Memarkan lengkuas dan serai.
  3. Tumis semua bumbu tempe bacem bango, masukkan tempe dan air kelapa ungkep sampai air habis menggunakan api kecil biar bumbu bacem benar benar meresap ke dalam tempe.
  4. Setelah matang goreng sebentar.
  5. Siap di hidangkan.

TIPS & TRICKS :

Tips meminimalisir bau langu pada tempe bacem :
  • Terkadang tempe bacem juga ada yang rasanya tidak gurih dan berbau langu. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kualitas tempe yang kurang baik. Tempe merupakan makanan olahan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan dengan ragi. Kualitas ragi inilah yang akan mempengaruhi kualitas dari tempe. Sebaiknya Baca Juga : Cara Membuat Tempe.
  • Untuk meminimalisir bau tempe yang kurang sedap, kuncinya ada pada awal pengolahan tempe. Ketika menyiapkan air rebusan, masukkan tempe dengan daun salam agar supaya tempe harum wangi dan garam terlebih dahulu sebelum memasukkan bumbu-bumbu lainnya. Selanjutnya, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat Anda dapat menggunakan air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga akan melembutkan tekstur tempe, sehingga pada saat disantap tempe tidak akan terasa keras.

RESEP TEMPE BACEM TANPA AIR KELAPA


BAHAN :
  • 1 papan tempe, potong 12 bagian
  • 2 keping gula jawa
  • 3 buah bawang putih ukuran besar
  • 300 ml air
  • 1 btg sereh, geprek
  • 1 lbr daun jeruk, sobek
  • 1 lbr daun salam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • Penyedap rasa secukupnya (optional)
  • Minyak untuk menggoreng tempe
CARA MEMASAK TEMPE BACEM TANPA AIR KELAPA :
  1. Haluskan bawang putih dengan garam (boleh sekalian masukkan ketumbar bubuk dan bumbu penyedap).
  2. Potong-potong gula jawanya agar lebih cepat larut.
  3. Siapkan panci, masukkan tempe dan semua bumbu/bahan, juga air.
  4. Masak sampai mendidih dengan api besar lalu kecilkan apinya, aduk sebentar.
  5. Masak sampai air menyusut dengan sesekali diaduk-aduk.
  6. Setelah selesai, bisa langsung digoreng atau taruh dalam wadah plastik lalu simpan dikulkas untuk stok.
  7. Saat digoreng tidak perlu lama, sebentar saja.
  8. Sajikan.

2 RESEP CARA MEMBUAT TEMPE BACEM