CARA MEMBUAT KUE LUPIS KETAN KHAS BETAWI

Resep Kue Lupis Ketan Khas Betawi Sederhana Spesial Asli Enak. Kue lupis ketan kukus kenyal legit tradisional atau sering disebut juga kue lopis kukus hijau pandan jadul terbuat dari bahan dasar beras ketan Istimewa, rasanya manis dan lezat, rasa manis didapat dari gula merah asli Jawa, walaupun kue ini khas betawi di Padang juga ada termasuk di kota-kota lainnya, karena kue basah ini sudah termasuk jajanan pasar dan termasuk jenis kue basah tradisional yang mulai sulit didapatkan. Resep kue lopis ini memang ada tanpa daun pisang tapi ada juga yang kreatif membuatnya dengan membungkus pakai daun pisang supaya lebih wangi dan lezat dan ada juga yang membuat kue lupis ketan kukus plastik. Mungkin kue lupis bungkus plastik ini adalah lupis modern.

Foto Kue Lupis Ketan Asli Betawi Punya
Gambar Kue Lupis Ketan Saus Gula Merah

Justru karena kue lupis ini langka, maka perlu kita lestarikan dengan membagikan resep ini di internet supaya resep kue unik ini tidak punah bahkan hilang, kasihan kan anak cucu kita hanya mendengar cerita dongeng dari kakeknya mengenai kelezatan Si Kue Lupis.

Jenis kue lupis ada 4 jenis warna alami, diantaranya ada kue lupis ketan putih warna putih, kue lupis ketan hijau pandan berwarna ijo, kue lupis ketan hitam berwarna hitam atau ireng dan kue lupis warna-warni pelangi (rainbow) yang telah di modifikasi dengan pewarna makanan. Dalam membuat kue lupis ini boleh menggunakan daun pandan nanti kue lupis akan berwarna hijau, yang disebut kue lapis hijau sedangkan tidak menggunakan pandan kue lupis ini tampak original atau asli berwarna putih yang disebut kue lupis putih yang terbuat dari beras ketan putih tanpa pewarna dan kue lapis hitam yang terbuat dari beras ketan hitam, silahkan pilih karena kelezatan kue ini terletak pada kuah gula merah dan taburan kelapa parutnya. Soal bentuk pada umumnya segitiga tapi boleh Anda buat variasi dan kreasi sendiri sesuai selera, misal kue lupis segi empat, kue lupis segitiga, ataupun berbentuk gulungan, dan sebagainya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kue lupis ketan kenyal pakai kapur sirih atau bisa dibuat tanpa kapur sirih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka jajanan kue basah tradisional di lapak atau warung dan gerobak di pinggir jalan kaki lima ala Abang-abang.

RESEP KUE LUPIS KETAN HIJAU PUTIH


BAHAN :
  • 150 gram beras ketan putih, rendam 1 jam, tiriskan
  • 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas, parut kasar
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt air kapur sirih bisa juga buat kue lupis tanpa kapur sirih
  • Daun pisang dan tali bambu, untuk mengikat dan membungkus
  • 1/8 sdt garam
BAHAN KUAH :
  • 125 ml air bersih
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 1 lbr daun pandan wangi
CARA MEMBUAT KUE LUPIS BERAS KETAN :
  1. Masukkanlah air kapur sirih ke dalam beras ketan, aduk rata. Siapkan satu lembar daun pisang, lalu bentuklah contong dan masukan ke dalamnya beras ketan.
  2. Kemudian, lilit satu helai daun menutupi contong dan lapisi dengan helai yang lainnya lalu ikat dengan tali bambu.
  3. Dalam waktu 5 jam, rebuslah di air mendidih sampai matang.
  4. Cara membuat kuah lupis yang enak : rebuslah air, daun pandan, dan gula merah sampai menjadi kental, angkat dan saringlah.
  5. Cara membuat kelapa parut yang gurih : Kelapa parut, garam, dan daun pandan kukuslah selama 1/4 jam saja. Lalu, gulingkan lupis di atas kelapa.
  6. Sajikan kue lupis dengan kuah gula merah. Mantap.

RESEP LUPIS KETAN HITAM


Lupis Ketan Hitam menggunakan ketan hitam sebagai bahan dasarnya.

BAHAN :
  • 1/2 kg ketan hitam, dicuci bersih
  • 1/2 butir kelapa, diparut kasar
  • 1/4 kg gula merah
  • daun pisang secukupnya, dipotong-potong selebar 7 cm
  • air secukupnya, untuk merebus
  • 2 lembar daun pandan, dicuci bersih, dipotong kecil
CARA MEMBUAT LUPIS KETAN HITAM :
  1. Gula merah direbus dengan air, lalu disaring dan simpan ke dalam wadah cantik dan bersih.
  2. Daun pisang yang sudah dipotong-potong lalu satu persatu dibakar-sambil-lewat, sebentar saja di atas api. Setelah itu di-lap dengan kain bersih.
  3. Satu persatu ujung daun pisang dibentuk corong berbentuk segitiga, diisi dengan ketan hitam yang sudah dicuci tadi. Banyaknya ketan hitam tiap daun pisang adalah 1 sendok makan saja. Lalu dilipat, rapat, jangan sampai ada celah sedikit pun dan terakhir dipatenkan dengan tusuk gigi atau lidi yang bersih.
  4. Rebus air di dandang bersama daun pandan, setelah mendidih baru masukkan lupis ketan hitam yang sudah dibungkus daun pisang tadi.
  5. Masak hingga lupis matang kira-kira selama 1 jam. Tiriskan dan sisihkan.
CARA PENYAJIAN LUPIS KETAN HITAM :
  1. Kelapa yang sudah diparut kasar tadi dikukus terlebih dahulu. Simpan di dalam mangkuk bersih.
  2. Buka lupis dari bungkusnya, lalu gulingkan di atas kelapa parut tadi hingga terbalur rata.
  3. Sajikan Lupis Ketan Hitam di atas piring cantik, ditata rapi dan hidangkan bersama gula merah saat akan dihidangkan. Hap...hap...hap

CARA MEMBUAT KUE LUPIS KETAN KHAS BETAWI