CARA MEMBUAT AYAM POP KHAS PADANG

Resep Ayam POP Goreng Khas Padang Ala Minang Kabau Sambal Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Salah satu makanan lezat selain rendang daging sapi yang dimiliki khas Minang Sumbar, Sumatera Barat yaitu Ayam Populer, yang lebih terkenal sedap disebut dengan masakan Ayam POP. Dimana Ayam POP goreng spesial lembut dan empuk ini, sudah populer yang sudah dinikmati oleh masyarakat di Indonesia bahkan Mancanegara. Sebab Ayam POP sudah gampang atau mudah ditemui di warung-warung Padang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan salah satu rumah makan Padang Sederhana dan restoran simpang raya yang terkenal memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia juga menyediakan makanan khas dari Bukit Tinggi ini yakni Ayam POP goreng dengan sambal balado.

Foto Ayam Goreng POP Rumah Makan Sederhana Enak
Gambar Ayam POP Tanpa Kulit dan Sambal Pedas

Ayam Pop adalah makanan khas Sumatera Barat yang menggunakan bahan utama ayam, air kelapa dan santan. Selain bahan-bahan tadi, ayam pop menggunakan bumbu bawang putih, jaeh dan garam. Cara pengolahan ayam pop adalah dengan melumurkan ayam dengan jeruk nipis dan bumbu halus, lalu dimasukan ke dalam santan dan air kelapa yang sudah dipanaskan. Ayam pop biasanya dihidangkan dengan cabe merah dan rebusan sayur pucuk ubi.

Baca Juga :


Sejarah asal mula dari Ayam POP goreng sedap ini ternyata berawal atau bermula dari salah satu rumah makan yang ada di Bukit Tinggi yang berlokasi di Benteng Indah, yakni rumah makan family Benteng Indah. Dimana citarasa khas sesungguhnya ayam goreng pop ini ada di Rumah Makan terkenal di kota bukit tinggi ini, Ayam POP merupakan masakan Ayam kampung yang telah direbus diberi bumbu (diungkep) kemudian digoreng sebentar ditambah ada olahan sambal khas menambah nikmatnya Ayam POP. Selain itu ada versi ayam pop tepung, ayam pop kukus ayam pop kuah, dll.

Ayam POP Khas Padang sebenarnya merupakan ayam goreng namun jelas berbeda dengan masakan ayam goreng biasanya, dari sekilah ayam ini seperti masih mentah dan pucat dengan tampilan sederhana. Namun setelah dirasakan, rasanya sangat lezat, empuk dan rasa ayamnya sangat berbeda dengan rasa ayam kampong yang ada. Lidah kita serta kunyahan ayam serasa enggan untuk kita telan, karena ingin berlama-lama dalam kunyahan sebab sangking lezatnya masakan Ayam Pop tersebut.

Menariknya, makanan kuliner Ayam Pop yang ada di Rumah Makan Family ini dari dulu hingga sekarang citarasanya sama dan tidak pernah berubah. Namun sayangnya, resep turun temurun pembuatan Ayam Pop recipe ini masih sangat rahasia. Kita hanya bisa untuk melihat dapur rumah makan dalam memasak dan pengolahan Ayam Pop ini. Namun kalau kita mau belajar aneka kreasi resep olahan dalam membuat Ayam Pop ini, rumah makan tersebut tidak akan berbagi rahasia Ayam POP mereka yang secara turun-temurun itu, tidak heran muncul berbagai versi resep ayam pop. Walaupun rahasia dijaga dan tidak dibocorkan ayam pop versi lain beserta sambalnya tetap enak, buktinya makannya lahap malah tambuah ciek dah!!!.

Versi lain, ada yang mengatakan bahwa resep pengolahan dan pembuatan Ayam Pop ala masakan Padang ini sangat sederhana, dimana Ayam Kampung yang telah dipisah-pisahkan kemudian direbus dengan bumbu seperti Bawang Putih, Bawang Merah, Jeruk Nipis, Daun Salam, Lengkuas dan Garam. Setelah itu Ayam direbus dengan menggunakan air kelapa yang diyakini untuk menambah rasa gurih pada ayam tersebut.

Banyaknya versi ayam pop beredar ini karena hasil kreasi ncc masing-masing daerah dan pemilik rumah makan dan restoran di sumbar dan sekitarnya yang kemudian dikembangkan orang-perorang yang merantau buka warung padang di seluruh Indonesia, ada sebagian kota menyebutnya dengan ayam goreng pop. Apalagi dengan aneka kreasi sambalnya dari sambal orange, merah, sambal cabe/cabai hijau petai, sambal cabai ijo ikan teri, Sambal petai merah, Sambal Cabe Merah, dll.

Setelah direbus kemudian diangkat dan air dibiarkan mengering, kemudian ayam ditiris dan digoreng sebentar dengan menggunakan minyak goreng. Cara penyedian Ayam Pop disajikan dengan rebusan daun Singkong, Kacang Panjang rebus dan sambal sebagai pelengkap dihidangkan bersama nasi putih.

Sambal pedas asam yang disajikan bersama Ayam Pop ini bukan sambal seperti sambal masakan Padang biasanya, dimana sambal berwarna oranye yang cukup menyala. Sambal terbuat dari bahan Cabai, Tomat dan Bawang Merah yang digiling halus kemudian dimasak dengan rasa yang tidak terlalu pedas namun sedikit asam. Maka jangan heran ketika anda sedang menikmati Ayam Pop sajian sedap ini 2 sampai 4 potong dada dan paha tidak terasa habis sekali makan.

Bagi anda yang ingin mencicipi dan mencari kuliner Ayam Pop asli urang awak tidaklah sesulit yang dibayangkan dan tidak harus mengunjungi Bukit Tinggi Sumatera Barat, saat ini Ayam Pop bisa kita temui di rumah makan minang yang ada di seluruh Tanah Air Indonesia, seperti Ayam pop, salah satu makanan favorit di restoran padang Garuda, Jakarta. Mencari makanan Ayam Pop sama mencari makanan Rendang atau kikil, dimana rumah makan Padang selalu menyediakan Ayam Pop Padang pagi sore ini.

Sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh ke kota bukit tinggi atau ke rumah makan padang hanya untuk menyantap ayam pop ini Anda tinggal mencoba mempraktekkan resep ini sendiri dan berkreasilah dari bahan ayam pop, bumbu ayam pop, dan sambal ayam pop beserta pelengkap ayam pop, siapa tahu Anda dapat inspirasi untuk buka usaha bisnis rumah makan padang di kota Anda. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ayam pop kukus digoreng sebentar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan Padang, Warung makan, warung nasi, bahkan restoran ala cafe resto.

RESEP AYAM POP GORENG


BAHAN :
  • 1 ekor (1.100 gram) ayam, dipotong 4 bagian dan buang kulitnya
  • 400 ml air
  • Minyak untuk menggoreng
BUMBU HALUS :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt cuka
  • 2 sdt garam
BAHAN SAMBAL :
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
CARA MEMASAK AYAM POP PADANG ASLI :
  1. Rebus ayam, bumbu halus, dan air sampai matang dan meresap. Sisihkan.
  2. Masukkan ayam dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Segera angkat setelah dimasukkan.
CARA MEMBUAT SAMBAL PEDAS AYAM POP :
  1. Sambal, rebus semua bahan sambal, kecuali garam dan gula pasir sampai matang. Angkat. Haluskan. Masukkan 100 ml air panas, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Sajikan ayam pop dengan sambalnya dengan nasi putih yang dilengkapi dengan daun singkong rebus. Rasa Mantap.
  3. Sajikan hidangan ayam pop untuk 4 porsi.

Ayam POP Baso Minang

Ayam pop adolah ayam nan diabui jo aia karambia jo bawang putih, sudah tu digoreng salayang jo minyak banyak di panggorengan. Dimakan jo samba lado tomat.

Bumbu ayam pop kabanyakan masih rahasio tiok-tiok restoran, tapi pado umumnyo bumbu tadiri dari bawang putih, sipadeh, jo kemiri nan dihaluihan, sudah tu ditumih basamo garam jo sere, daun limau atau diagiah aia jeruk nipis. Bilo aia karambia indak ado dapek dituka dengan kemiri. Ayam dirabuih basamo bumbu sampai masak. Ayam pop alah masak sabalum dimakan, digoreng salayang jo minyak taganang. Manggoreng ayam pop indak buliah kariang lambok-lambok warno putiah alah cukuik. Bahan untuak samba tadiri dari lado, tomat, bawang sirah, petai nan digiliang inggo haluih lambuik, sudah tu digoreng.

Asa usua namo ayam pop adolah musik pop nan tanamo pado taun 1976-an. Simpang Raya mulo-mulo menyabuik ayam goreng nan dibueknyo ayam pop supayo capek diingek. Restoran lain buliah mambuek atau maniru resep ayam pop, tapi namo "Istano Ayam Pop" adolah namo paten restoran Simpang Raya, indak dapek dipakai dek restoran nan lain.

CARA MEMBUAT AYAM POP KHAS PADANG